Beranda > Kesehatan, Koleksi Artikel > Menggali Manfaat Si Hitam “Arang”

Menggali Manfaat Si Hitam “Arang”

Meskipun masyarakat dunia telah menggunakan arang kayu sejak ribuan tahun, kegunaannya lebih banyak dikonsumsi untuk bahan bakar memasak. Bahkan, akhir-akhir ini volume permintaan arang kayu di pasaran dalam dan luar negeri semakin menurun karena masyarakat sudah banyak yang beralih kepada bahan bakar migas dan energi listrik.

Setelah diabaikan selama beberapa tahun terakhir, kini arang kayu mulai menarik perhatian setelah munculnya penemuan baru yang menyatakan produk arang tersebut banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. Kemajuan teknologi modern telah mengangkat tingkat produktivitas ilmu pengetahuan untuk meneliti manfaat arang bagi kepentingan manusia dengan aneka kegunaannya.

MANFAAT ARANG

  1. Penghantar zat antikanker pada tubuh manusia
    Riset terbaru, arang diubah menjadi penghantar zat antikanker pada tubuh manusia. Sistem penghantar ini lebih efektif untuk pemusnahan kanker dan tumor serta tanpa efek samping.
  2. Obat awet Muda
    Arang terbukti bersifat antipenuaan dan memperpanjang umur sebanyak 40% hewan percobaan. Itu karena arang menjaga sensitivitas tubuh dari bahan kimia dan racun yang merusak sel tubuh. Arang juga menyeimbangkan metabolisme lemak, menurunkan kinerja sintesis protein pemicu penuaan, penurunan RNA, penghambat arteriosklerosis dan fibrosis. Dosis yang dianjurkan sebanyak 30 gram per hari diminum 2 kali seminggu saat perut kosong.
  3. Menurunkan kadar kolesterol
    Sejumlah pasien berkolesterol tinggi yang diberi konsumsi 8 g arang per hari turun 25% dari total kolesterol, 41% kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein), serta melipatgandakan rasio HDL/LDL kolesterol. Itu karena arang menyerap penyumbat jantung dan melancarkan peredaran darah koroner.
    Caranya, sebelunya tumbuk arang hingga halus kemudian campurkan dengan kira2 2 gelas air, kemudian rebus hingga menjadi 1 gelas baru kemudian diminum
  4. Penyerap Racun
    Bubuk arang aktif adalah salah satu obat paling manjur untuk menghentikan diare. Bubuk arang aktif boleh digunakan sendirian atau digabung dengan obat yang mengandung kaolin untuk menghentikan diare. Selain itu untuk menghilankan racun pada masakan bagi yang alergi dengan seafood, bias dengan cara memasukkan arang yang sudah disterilkan kedalam masakan.
  5. Bahan untuk membuat baju, selimut dll
    Arang mampu melepaskan sinar ultra inframerah yang menghangatkan tubuh. Ia memperbaiki peredaran darah, melepaskan ion negatif yang menyeimbangkan energi dalam tubuh, serta bekerja pada sistem parasimpatetik sebagai penenang pikiran dan badan. Benang arang bersifat antimikroba, menyerap bau lebih baik, dan menghalau radiasi gelombang elektromagnetik perusak sel tubuh
  6. Pupuk/penyubur tanaman
    Arang mengubah air yang terperangkap dalam tanah menjadi air mineral lantaran berikatan dengan mineral-mineral arang. Arang juga mengikat nutrisi di udara seperti nitrogen penyebab pH di dalam tanah tetap netral. ‘Selain kaya mineral arang juga bersifat antibakteri dan beberapa jenis asam-asam penyubur tanaman

MACAM-MACAM ARANG

1. Arang kayu

2. Arang batok

3. Arang bambu

4. Arang briket

5. Arang sekam

6. Arang aktif

BEBERAPA PRODUK DARI ARANG

1. Pasta gigi dari arang
Charcle adalah odol/ pasta gigi (toothpaste) buatan Korea yang memakai arang sebagai bahannya. Dengan odol ini dapat membuat gigi kita jauh lebih bersih dan putih.

2. Kopi Joss /Kopi Arang
Kopi Joss adalah kopi tubruk panas yang diberi arang membara. Begitu dimasukin arang maka kopi akan mengeluarkan suara josss yang kencang sehingga terciptalah nama kopi itu. Arang yang dipanaskan pada suhu diatas 250° Celcius akan menjadi karbon aktif yang berguna mengikat polutan dan racun. Konon karbon teraktivasi ini berguna untuk mengurangi ampas kopi, memperbaiki aroma, dan mengikat racun.

Sumber: http://nelasmom.blogspot.com/

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar